Nampaknya Pastikan Arus Mudik Lancar, Kereta Inspeksi Keliling Jawa

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memeriksa persiapan kereta untuk angkutan Lebaran 2019 ke beberapa daerah di Pulau Jawa dengan memakai kereta spesial, yaitu Kereta Peninjauan.

Pekerjaan peninjauan ini dikerjakan sepanjang tiga hari, diawali pada 23 sampai 25 April 2019.

Direktur Penting PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan, pekerjaan peninjauan ini menyengaja dikerjakan untuk lihat seberapa jauh persiapan moda kereta api dalam melawan angkutan Lebaran tahun ini.

“Saya minta pada semua pegawai KAI supaya memberi service paling baik pada warga, terutamanya sepanjang peristiwa Lebaran 2019. Dari mulai persiapan jalan, stasiun, service, sampai SDM KAI harus betul-betul diyakinkan siap dalam melayani penumpang pada saat angkutan lebaran 2019 kelak,” katanya di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Tidak cuma itu, dia meneruskan, dalam perjalanan ini dikerjakan identifikasi akan titik-titik riskan yang perlu dijaga tambahan. Ini mengingat arus perjalanan kereta api makin banyak waktu Lebaran 2019.

Titik riskan yang disebut bisa berbentuk wilayah riskan banjir, tanah longsor, sampai pelemparan serta vandalisme.

Edi mengemukakan, PT KAI akan menyiagakan petugas pemeriksa jalan penambahan, penjaga jalan trek penambahan, dan petugas perlindungan penambahan yang bekerja bersama dengan TNI-Polri.

“KAI menyiapkan alat dan material yang diletakkan di titik-titik beehumblewithme.com┬átersendiri hingga bila dalam kondisi darurat, perbaikan bisa selekasnya dikerjakan,” katanya.

Dalam session peninjauan kesempatan ini, ada dua KA Peninjauan yang perjalanan kedua-duanya diawali dari Stasiun Gambir. Pertama yaitu KA Peninjauan Generasi 3, yang akan ke arah Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember, sampai Stasiun Banyuwangi lewat jalan Lintas Utara Jawa.

Sedang Lintas Selatan Jawa akan memakai KA Peninjauan Generasi 2 yang akan ke arah Stasiun Bandung, Purwokerto, Semarang Tawang, Malang, sampai Stasiun Surabaya Gubeng.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *