Kenaikan Harga Tiket Pesawat Belum Pengaruhi Jumlah Penumpang Bus AKAP

Palembang : Minat masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan darat pasca naiknya harga tiket pesawat masih belum terlihat. Dari pantauan RRI, jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Palembang menuju Pulau Jawa masih relatif normal.

General Manager Perum Damri Palembang, Suranto, mengungkapkan, jumlah penumpang bus AKAP pasca kenaikan harga tiket pesawat tidak mengalami perubahan signifikan dengan dengan kisaran antara 20-30 penumpang per hari nya.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Sangiang Terbaru

Suranto mengatakan, kondisi ini diperkirakan daya beli masyarakat yang masih mampu menyesuaikan kenaikan harga tiket. Meski kenaikan rata-rata mencapai seratus persen, namun belum menyentuh angka psikologis di angka Rp.1 juta.

“Harga tiket pesawat dari Palembang ke Jakarta harganya rata-rata dibawah satu juta, masih dikisaran Rp.600 ribu – Rp.800 ribu. Dengan harga segitu saya rasa masih terjangkau bagi masyarakat,” ujar Suranto kepada wartawan di Palembang, Jumat (25/1/2019).

Dengan belum adanya lonjakan penumpang, bus AKAP Damri masih menerapkan pola keberangkatan reguler dengan memberangkatkan satu armada setiap hari nya. Bila memang kemudian terjadi kenaikan harga tiket pesawat yang semakin tinggi dan menyebabkan penumpang beralih menggunakan bus AKAP, pihak Damri mengaku telah menyiapkan armada tambahan.

Baca Juga : Jadwal Kapal Sangiang Terbaru

“Untuk bus AKAP kami operasikan 4-5 unit per hari, maksimal 6 unit. Saat ini kami punya 30 unit armada bus yang dapat digunakan, jadi saya rasa jumlahnya lebih dari cukup.” Tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *