Harga Rumah Subsidi di Papua dan Jakarta akan Naik Paling Tinggi Berikut Cuplikanya

Pemerintah merencanakan meningkatkan harga rumah subsidi tahun ini. Kenaikan harga paling tinggi akan berlangsung di Papua serta Jabodetabek.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid belumlah merinci kenaikan harga di lokasi itu. Pada umumnya, ia menjelaskan, kenaikan harga rumah subsidi di tahun 2019 sebesar 3% sampai 7,5%.

Baca Juga : Denah Rumah Type 54

Ia meneruskan, untuk Papua kenaikan harga didukung oleh kenaikan harga material. Sesaat, Jabodetabek didorong oleh kenaikan harga tanah.

“Jika tinggi tentu Papua ya, DKI termasuk juga tinggi Jabodetabek kan. Papua tinggi sebab material mahal, Jabodetabek sebab tanahnya pun tinggi,” katanya pada detikFinance, Senin (21/1/2019).

Ia katakan, kenaikan harga itu menanti restu Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sesaat, untuk harga rumah subsidi sekarang ini masih tetap merujuk harga tahun 2018.

“Harga nya belumlah, baru masih tetap dibicarakan di Keuangan, moga-moga selekasnya keluar, kita baru usulkan kenaikan seputar 3 sampai 7,5%, tetapi ketetapannya Menteri Keuangan untuk tahun 2019. Tetapi tahun ini sesaat masih tetap gunakan harga 2018,” sambungnya.

“(Kapan?) Saya tidak tahu, moga-moga secepat-cepatnya, moga-moga bulan ini keluar, moga-moga bulan kedepan, mudah-mudahan saja,” imbuhnya.

Artikel Terkait : Denah Rumah Minimalis Type 36

Menjadi penambahan, grup tujuan serta batasan harga rumah subsidi di mengatur dalam Ketetapan Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat Nomer 552/KPTS/M/2016 mengenai Batasan Pendapatan Grup Tujuan KPR Bersubsidi, Batasan Harga Jual Rumah Sejahtera Tapak serta Unit Rumah Sejahtera Susun, Dan Besaran Subsidi Uang Muka Perumahan.

Dalam ketentuan ini dijelaskan, batasan pendapatan grup tujuan KPR subsidi untuk KPR Sejahtera Tapak, KPR Sejahtera Syariah Tapak, KPR SSB Tapak, KPR SSM Tapak sebesar Rp 4.000.000. Sesaat, KPR Sejahtera Rusun, KPR Sejahtera Syariah Susun, KPR Subsidi SSB Susun, KPR SSM Susun Rp 7.000.000.

Untuk batasan harga jual rumah sejahtera tapak tertinggi di tahun 2018 untuk Jabodetabek Rp 148.500.000. Lantas, untuk Papua serta Papua Barat Rp 205.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *