Belajar Astronomi dengan Berkunjung ke Observatorium Bosscha Berikut Cuplikanya

Buat kelompok milenial barangkali sempat dengar nama Observatorium Bosscha lewat film “Penjelajahan Sherinaā€¯ yang populer pada eranya. Ada adegan yang dikerjakan di observatorium, waktu tokoh penting berupaya kabur dari penculik.

Observatorium mempunyai makna satu gedung yang diperlengkapi sarana untuk penilaian bintang. Di Indonesia, Bosscha jadi hanya satu observatorium sah yang berdiri. Tidak hanya untuk riset buat ilmuwan, ruang ini pula dibuka untuk umum menjadi edukasi mengenai astronomi pada penduduk.

Baca Juga : Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Observatorium Bosscha terdapat di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sebaiknya tidak untuk melupakan bertandang kesana waktu liburan ke Kota Kembang. Observatorium Bosscha adalah satu sarana riset mengenai astronomi punya Fakultas Matematika serta Pengetahuan Pengetahuan Alam Institut Tehnologi Bandung (FMIPA ITB).

Pekerjaan yang dikerjakan disana yakni peningkatan pendidikan serta pengetahuan astronomi lewat penilaian langit di lokasi Indonesia. Data-data yang disatukan nanti bisa menjadi bahan analisa oleh periset atau mahasiswa mengenai pengetahuan astronomi di Indonesia. Bosscha sendiri tuntas dibangun seputar tahun 1928.

Wisata edukasi keluarga dapat lakukan kunjungan siang ke Bosscha di hari Selasa-Sabtu mulai jam 09.00. Dengan membayar ticket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Sesudah itu pengunjung akan ditempatkan ke arah ruang auditorium. Disana akan diputar film interaktif bertopik astronomi seperti keterangan mengenai tata surya, pembentukan bintang, serta yang lain.

Sesudah kira-kira 1/2 jam film tuntas, pengunjung lalu dibawa ke gedung Kupel yang berupa seperti kubah untuk terima keterangan mengenai sarana yang berada di dalamnya.

Akan ada pemandu profesional yang menuturkan mengenai teleskop Zeiss, teleskop paling besar di kubah Kupel yang berperan untuk penilaian bintang ganda. Anda akan dibikin kagum dengan ukuran teleskop yang besar sekali serta narasi riwayat dibalik pemasangannya yang dikisahkan oleh pemandu.

Artikel Terkait : Cara Menghitung Subnetting IP Address

Sesudah serangkaian edukasi mengenai observatorium tuntas, pengunjung bebas berkeliling-keliling di ruang seputar kubah. Hawa Lembang yang sejuk akan temani saat beristirahat sesaat di lapangan rumput, untuk sebatas meluruskan kaki. Atau dapat menyimpan peristiwa dengan ber-swafoto ria di muka kubah Kupel.

Bila begitu tertarik untuk lakukan penilaian bintang dengan teleskop, Bosscha menyiapkan sarana itu dalam program kunjungan malam. Pengunjung akan dibawa memerhatikan bintang serta benda langit yang lain pada malam hari dan belajar basic pengetahuan astronomi langsung dari ahlinya.

Akan tetapi, kunjungan malam hari ini cuma diskedulkan di hari serta bulan spesifik waktu cuaca cerah. Jumlahnya pengunjung untuk penilaian malam pun dibatasi. Oleh karenanya, mesti lakukan reservasi jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan tempat. Untuk info selanjutnya dapat buka situs bosscha.itb.ac.id.

Nah, pada saat Bosscha masih tetap aktif digunakan, Anda dapat selekasnya berencana untuk mengunjunginya di Bandung. Bila perlu ticket pesawat promosi bulan Februari 2019, Anda dapat mencarinya di aplikasi yang melayani pemesanan ticket pesawat seperti Airy. Gunakan kesempatan yang ada untuk bikin gagasan biaya berlibur jadi lebih irit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *